About

Pages

Jumat, 12 April 2013

SUPRASTRUKTUR POLITIK & INFRASTRUKTUR POLITIK


SK: Menganalisis sistem politik di Indonesia
KD: 1.Mendeskripsikan supra struktur dan infrastruktur politik di Indonesia.
Indikator:
    1. Menganalisis pengertian sistim politik Indonesia
    2. Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
    3. Mendeskripsikan infrastruktur politik
  1. SISTEM POLITIK
Pengertian sistem menurut Prof. Pamudji adalah suatu keseluruhan yang kompleks atau terorganisasi, di mana di dalamnya terdapat komponen- komponen yang mempunyai fungsi masing-masing, saling berhubungan satu sama lain dalam rangka mencapai tujuan. Menurut ROBERT politik adalah seni memerintah dan mengatur masyarakat manusia.
Menurut Robert Dahl, sispol mencakup 2 hal :
  1. Pola yg tetap darpada hubungan antarmanusia
  2. Melibatkan sesuatu yg luas dan berarti tentang kekuasaan aturan-aturan kewenangan.
Menurut Prof Sumantri sistem politik adalah pelembagaan dari hubungan antara manusia yg berupa hubungan antara supra struktur politik dan infra struktur politik.
  1. STRUKTUR POLITIK
Struktur politik adalah pelembagaan hubungan organisasi antara komponen-komponen yang membentuk bangunan politik. Struktur politik sebagai bagian dari struktur pada umumnya, selalu berkenaan dengan alokasi nilai-nilai yang bersifat otoratif, yaitu yang dipengaruhi oleh distribusi serta penggunaan kekuasaan. Struktur poltik dapat kita golongkan sebagai berikut:
  1. Infrastruktur politik
Infrastruktur politik di Indonesia meliputi keseluruhan kebutuhan yang di perlukan di bidang politik dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas yang berkenaan dengan asal mula, bentuk, dan proses pemerintahan yang berlevelkan negara, Hal ini dapat di kaji dengaN melihat berbagai organisasi, sistem dan prosedur kerja. Oleh karena itu ada organisasi politik yang resmi tampak seperti partai politik, perkempulan buruh, tani , nelayan, pedagang, organisasi wanita, pemuda, pelajar dln. Tetapi ada pula organisasi abstrak yang tidak resmi namun sangat menguasai keadaan, sebagai elite power disebut grup penekan (pressure group).Berdasakan teori politik, infrastruktur politik mencakup 5 (lima) unsur atau komponen sebagai berikut :
a. Partai politik (political party ),
b. kelompok kepentingan (interst group),
c. kelompok penekan (pressure group),
d. media komunikasi politik  (political communication media) dan
e. tokoh politik (political figure).
  1. Suprastruktur politik
Suprastruktur politik merupakan musim politik resmi di suatu negara, jadi merupakan penggerak poltik formal. Kehidupan politik pemerintah bersifat kompleks karena akan bersinggungan dengan lembaga-lembaga negara yang ada, fungsi, dan wewenang/kekuasaan antara lembaga yang satu dengan yang lainnya. Suasana ini pada umumnya dapat diketahui didalam konstitusi atau Undang-Undang Dasar dan peraturan perundang-undangan suatu negara.
Menurut Montesqueieu pemisahan kekuasaan di bagi menjadi :
1. Legeslatif
3. Yudikatif
2. Eksekutif
Menurut John Locke, pemisahan kekuasaan di bagi menjadi :
1.legeslatif
2.eksekutif
3. Federatif




0 komentar:

Posting Komentar